SAMPAIKAN PENGADUAN ANDA PADA LAMAN WEB INI, JIKA TERJADI PEMSALAHAN DENGAN JALAN LINGKUNGAN DI SEKITAR TEMPAT TINGGAL ANDA

Selamat Datang

Selamat datang di Sistem Informasi Pengelolaan Jalan Lingkungan(SIPJL) Kota Pontianak.

Penyediaan prasarana merupakan bagian terpenting dalam upaya pengembangan dan pembangunan wilayah. Tersedianya prasarana yang memadai dapat meningkatkan kebersihan lingkungan dan menunjang kegiatan sosial ekonomi. Prasarana dasar seperti jalan lingkungan yang tidak baik dapat menimbulkan masalah aksesebilitas bagi masyarakat yang tinggal wilayah tersebut yang juga berdampak pada rendahnya estetika kota dan berkurangnya kenyamanan masyarakat.

Namun demikian, pertumbuhan kota yang cepat secara langsung berdampak pada bertambahnya jumlah jalan lingkungan dan beban pembiayaan pemerintah yang besar terhadap permbangunan dan pemeliharaan prasarana tersebut. Layaknya hampir semua pemerintah daerah di Indonesia, Pemerintah Kota Pontianak menghadapi kendala yang hampir sama yaitu keterbatasan dana untuk mengakomodir semua kegiatan-kegiatan pembangunan maupun pemeliharaan jalan lingkungan.

Untuk mengatasi masalah pembiayaan yang sangat besar dan karena keterbatasan pemerintah dalam menyediakan dana untuk pembangunan kota, maka pemerintah kota dituntut untuk melakukan efesiensi dan efektifitas dengan melakukan berbagai strategi inovatif untuk memastikan bahwa persoalan-persoalan yang ada di masyarakat dapat tertangani. Inovasi yang dilakukan oleh pemerintah Kota Pontianak untuk mengatasi perbaikan jalan lingkungan adalah Pemberian Bantuan Material Jalan Lingkungan. Program ini selain mengurangi beban pembiayaan dari pemerintah dapat juga memperbesar peran serta masyarakat dalam pembangunan, perbaikan serta pengelolaan sehingga masyarakat lebih memiliki kemampuan berpartisipasi dalam penyediaan prasarana di lingkungannya dan beban pemerintah dapat dikurangi.

Untuk mendukung program tersebut, diperlukan mekanisme pengelolaan jalan lingkungan. Namun dengan keterbatasan data dan informasi yang akurat sebagai alat untuk mengetahui lokasi jaringan jalan lingkungan beserta prasarana dasar lingkungan, merupakan salah satu kendala yang dihadapi Pemerintah Kota Pontianak.

Statistik

Now Online : 1 User
Hari Ini : 5
Bulan ini : 42
Tahun ini : 537
Today Hits Count : 6
Total Hits : 90829

Back to Top